Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Statement Control Dan Looping, C++

Statement Control Dan Looping, Adalah sebuah metode pengulangan atau yang sering di kenal dengan sebutan Looping .

Contoh penerapan dari perogram Statement Control dan Looping, antara lain : Ketika anda ingin mengecek pulsa pada handphone anda, Membeli paket internet, mengecek paket data anda, dan aplikasi mesin atm yang juga menerapkan prinsip dasar dari bahsa pemrograman C++. 

Masih banyak lagi contoh penerapan Statement Control Dan Looping, dalam kehidupan kita. Dalam kasus ini kita akan memberikan contoh program C++, Pembelian paket internet yang akan kami bahas di bawah nanti. Belajar Pemrograman Bahasa C++ Dasar untuk pemula

#Statement control 

Statement control merupakan sebuah statement yang terdiri dari kondisi-kondisi yang dimana jika kondisi tersebut terpenuhi program akan melakukan suatu instruksi tertentu.

Jadi dapat di atakan statement control merupakan penunjuk arah bagi urutan suatu program.
Dalam bahasa C++ ada beberapa jenis statement control sebagai berikut  :

Konstruksi if

Pada konstruksi if sebuah konstruktur program  hanya memiliki  sebuah kondisi, artinya dimana suatu instruksi atau beberapa instruksi akan di jalankan apabila sebuah kondisi tersebut dipenuhi, namun apabila kondisi tersebut tidak terpenuhi maka instruksi yang ada tidak akan di jalankan. 


Konstruksi if – else

Pada konstruksi if else sedikit berbeda dengan konstruksi if karena pada konstruksi if else . jika sebuah kondisi tidak terpenuhi maka program akan mencari kondisi lain yang ada atau menjalankan instruksi yang berada di luar bagian dari kondisi yang tidak terpenuhi.
Berikut sintaks dari konstruksi if-else :


Konstruksi if – else bersarang

Pada konstruksi ini terdapat lebih dari satu buah kondisi jadi apabila sebuah kondisi tidak terpenuhi maka akan berlanjut ke kondisi berikutnya tergantung berapa banyak kondisi yang ada.
Berikut konstruksi if –else bersarang :


Konstruksi switch – case

Konstruksi switch – case sedikit berbeda dengan konstruksi if – else, di mana konstruksi switch – case  lebih menguntungkan digunakan pada program yang memiliki banyak pilihan kondisi dalam satu step dan jumlah kondisi sudah pasti. Jadi berbeda dengan statement if else yang hanya memiliki 2 pilihan kondisi pada satu step.
Berikut sintaks konstruksi switch – case :


#Statement Looping

Statement Looping atau pengulangan dimana suatu instruksi dapat di laksanakan secara terus menerus tergantung jumlah pengulangan atau batas   pengulangan yang telah di tentukan.
Struktur pengulangan terdiri dari dua buah bagian yaitu :
  • Kondisi pengulangan, yaitu ekspresi Boolean yang harus di penuhi untuk melakukan pengulangan
  • Isi atau badan pengulangan, yaitu satu atau lebih pernyataan yang akan di ulang


Berikut macam konstruksi pengulangan :

Konstruksi for

Konstruksi for adalah perintah pengulangan yang di gunakan apabila programmer sudah mengetahui berapa kali proses pengulangan yang akan di lakukan, dan perintah for tidak membutuhkan suatu kondisi terpenuhi.
Berikut sintaks programnya :


Konstruksi while

Konstruksi while merupakan perintah pengulangan yang di pakai apabila programmer tidak mengetahui berapa kali jumlah pengulangan di lakukan, dan perintah while ini memungkinkan statement yang ada pada konstruksinya tidak di lakukan sama sekali jika kondisi tidak di penuhi.
Berikut sintaks programnnya :

Konstruksi do – while

 Konstruksi do - while merupakan perintah pengulangan  yang di pakai apabila programmer tidak mengetahui berapa kali jumlah pengulangan di lakukan perintah do -while  sedikit berbeda  dengan while karena pada perintah do - whilestatement yang berada pada konstruksinya harus di laksanakan satu kali walaupun kondisi yang ada tidak terpenuhi.
Berikut sintaks programnya :
vvvv

Adapaun contoh sintaks program dari Statement Control Dan Looping antara lain sebgai berikut : 

Buat program dengan menu :
1.      Paket Internet
2.      Paket SMS
3.      Paket Telpon
  • Masing-masing memiliki 2 paket.
  • Beri kesimpulan pilihan paket yang dipilih.
  • Minimal 3 tipe data.
  • Input Dinamis.
  • Menggunakan statement Control dan Looping.

script :




Silahkan salin atau copy sintax program di atas lau jalankan pada aplikasi borlan c++ anda. Jangan lupa sebum di run priksa dulu scrip nya karna bisa sat ada sintak yang slah pada saat pengkopian. maka nantinya akan keluar pada kompiler seperti pada gambar berikut :

Contoh program Statement Control Dan Looping, menggunakan bahasa pemprograman C++















Artikel terkait
Contoh program c++ : menggunkan fungsi
Contoh program c++ : Membuat input data Mahasiswa

Contoh program c++ : Menentukan bilangan ganjil genap