Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Membuat Blog di blogger dengan mudah

Assalamualaikum wr wb.
Salam sejahtera badi kita semua..
Kali ini kita akan membahas tentang Cara membuat blog di blogger dengan mudah "

Membuat sebuah blogg tidak lah sulit, kenapa....???  
karna pihak Blogg telah merubah bentuk dan tampilan halaman yang mudah di phami dan di mengerti oleh bagi para belogger yang ingin berkreasi dengan blogg mereka, akan tetapi bayak orang yang tidak tahu menahu tentang apa itu blogg...??

animasi blogg


Sebelum kita belajar bagaimana cara membuat blog alangkah lebih baiknya kita mengetahui apa itu blog dan bagaimana cara menggunakannya apa sih manfaat jika kita memiliki sebuah blog.

Topik yang di bahas dalam artikel ini :

  • Apa itu blogg..??
  • Kenapa harus Blogg..??
  • Apa perbedaan Blogg dengan website..?? 
  • Cara menghasilkan Uang di blogg..?
  • Bagaimana Cara membuat Blogg..?


Baik kami akan membahas satu persatu dari topik di atas.

       ‘’ apa itu BLOG....? “”

Blog adalah :
Blogger adalah sebuah istilah keren untuk menyatakan seseorang yang punya blog di internet, dan ia suka menulis di blog yang ia miliki.

Blog Bisa kita analogikan sebagai sebuah buku yang berbasis web yang dimana kita dapat berkerasi di dalam buku tersebut kita dapat menulis apa saja yang kita inginkan yang berupa hasil tulisan, gambar,dan lain lain.

kereasi yang kita tulis di blog tersebut dapat di akses,di lihat dan di baca oleh bayak orang seperti contoh artikel yang anda baca saat ini merupakan contoh dari Blog.

Menurut Wikipedia, blog adalah kependekan dari kata web log yang mana ini untuk menamakan aplikasi berbentuk web yang isinya lebih condong pada tulisan atau artikel yang umumnya tulisannya ditampilkan dalam bentuk berurutan mulai dari artikel terbaru hingga yang paling lama yang telah dipublish. Dan bedanya dengan website adalah dimana blog tidak statis atau sering berubah, yaitu dengan adanya update artikel setiap saat yang juga mempengaruhi pada tampilan antar mukanya.

Menjadi blogger itu sebenarnya asyik aplagi bagi kita yang memilki hobi menulis, mendongeng membuat cerita- cerita rakyat dan lain lain, segala sesuatu yang kita kerjakan dengan dasar cinta maka akan menghasilkan sesuatu yang indah dan memuaskan.

Kerap kita Bosan jenuh dengan Sosmed yang isinya cuman itu itu doang kalok dak setatus teman yang galau, pasati setatus teman yang lagi berbunga- bunga karna cintanya di terima oleh si Doi, 

belum lagi setatus anak- anak Alay. Lebih baik Kuota internet yang kita miliki kita manfaatkan untuk menulis di blog, berbagi informasi dan ilmu yang lebih bermanfaat bagi orang lain.

Menjadi blogger berarti :
  • Sering menulis di blog (di internet).
  • Menjadi blogger juga bisa membuat kita memiliki penghasilan sendiri, sebab sebuah blog juga bisa menghasilkan uang.
  • Hidup terasa lebih menarik.
  • Jika kamu beruntung, kamu bisa jadi orang yang terkenal karena menjadi blogger.
Tujuan utama Blogger adalah :
  • Tujuan utama bagi para bloger tidak lain tidak bukan ialah :
  • Berbagi ilmu pengetahuan kepada semua orang.
  • Tempat menyalurkan bakat kita di bidang sastra  dan IT.
  • Menjadi ladang bisnis bagi seorang pembisnis.
  • Menjadi tempat diskusi bagi para blogger.
  • Menghasilkkan uang dan penghasilan yang cukup menggiurkan.


Bagaimna cara menjadi blogger..??

Cara menjadi seorang blogger adalah so pasti anda harus suka menulis, ber imajinasi, dan harus memiliki tekat yang kuat bahwa saya ingin menjadi blogger. Menulis adalah kegiatan paling utama bagi seorang blogger , bagaimna bisa kita menjadi seorang blogger tapi tidak senang dengan menulis.

Menulis di sini bukan berarti kita harus menulis setiap saat ,setiap waktu,setiap hari ,bukan itu loo...
Jadi kita bisa menulis kapanpun dimanapun anda berada dan tentunya tidak akan menyita waktu anda namun hal tersebut tergantung belogger.

Kenapa Harus blog..??

Membuat blog tidak lah sulit seperti yang kita bayangkan, yang terpenting tekun dan mau berusaha. untuk memiliki sebuah blogg bisa di dapatkan dengan gratis cukup dengan kita memilik akun google kita sudah bisa memiliki sebuah blog. Bagi blogger pemula kami sarankan anda untuk menggunakan blogger karna gratis dan lebih gampang dan mudah di mengerti. jika anda udah mahir atau prefesional, maka anda bisa menyewa hosting dan domain untuk beralih ke website.

blogger


untuk membuat blog kita dapat menggunakan  kedua situs di bawah ini  yaiu:
www.worspress.com
www.Blogger.com

Bagi seorang pemula saya sarankan anda menggunakan Blogger untuk membuat blog karana strukturnya yang mudah di pahami bagi para memula. Disamping hal itu kebanyakan dari para blogger lebih memilih menggunkan Blogger.com dari pada Wordpress.com karna hal - hal kedepanya akan lebih mudah.


"Apa bedanya Blogg dengan Website..??"

Pertanyaan ini pasti sudak tidak asing lagi telinga kita, banyak di antara kita yang tidak mengetahui apa sih bedanya blogg dengan website.

Image result for blogger

1.  Menurut Wikipedia
Menurut Wikipedia, blog adalah sebuah situs diskusi yang terdiri dari enteri diskrit yang dipublikasikan di WWW (World Wide Web). Sementara website adalah sekumpulan halaman web terkait yang disajikan dari satu domain.
"Blog merupakan kontradiksi dari web log"
"Website merupakan kontradiksi dari situs di web"

2.  Berdasarkan Kontennya
Sebuah blog dapat berisi berbagai macam konten. Topik-topik posting dapat berupa bahasan mengenai teknologi, fashion, produk tertentu, atau mengenai aktor dan atlet tertentu dengan sensasi yang baru. 

Sebuah blog bertindak seperti sebuah majalah digital dengan berbagai kejutan bagi pembacanya setiap hari. Di sisi lain, sebuah website mewakili satu produk, satu orang, dan teknologi yang serupa. Dengan kata lain, website memiliki isi dengan genre serupa.

3.  Formal dan Informal Konten
Blog dan Website menggunakan nada yang berbeda untuk menangani pembacanya. Website ini umumnya menggunakan nada atau bahasa formal untuk menggambarkan isinya sementara blog biasanya menggunakan nada atau bahasa yang jauh lebih sederhana dan informal untuk deskripsi kontennya.

4.  Coding
Ketika membicarakan blog dan website, orang biasanya takut dengan coding. Jika Anda memilih blog, Anda tidak perlu khawatir! Untuk menciptakan sebuah blog, Anda tidak perlu seorang yang ahli di bidang pengkodean. Anda cukup mendownload template dan memulai dengan belajar dasar-dasar pengkodean. Berbeda dengan website, Anda harus paham dan mengerti pengkodean seperti HTML5, CSS3, PHP, dan lain-lain.

5.  Daftar Konten
Sebuah blog memiliki daftar kronologis postingan. Semua tulisan yang telah Anda buat disusun dari yang terbaru sampai terlama. Setiap kali Anda mengunjungi sebuah blog biasanya Anda langsung menemui daftar beberapa konten yang pernah diposting oleh pemiliknya. Sementara bila Anda mengunjungi website, Anda tidak akan menemui daftar itu. Data yang ada dalam website biasanya statis.

6.  Homepage
Untuk blog dan website, homepage sama sekali berbeda. Dalam sebuah website, homepage menjelaskan isi dasar situs web. Ini akan memberitahu pengunjung tentang jenis produk yang ditawarkan oleh website itu. Namun, homepage blog dibanjiri berbagai tulisan yang telah diposting.

7.  Rating
Sebuah blog sebagian besar dianggap aktif tergantung pada jumlah pengunjung aktif yang dimilikinya. Jumlah pembaca menentukan peringkat blog. Sebuah rating yang baik sangat penting untuk blog untuk berhasil dan mendapatkan lalu lintas sebanyak mungkin. Di sisi lain, sebuah website tidak dipengaruhi oleh hal-hal seperti pada blog.

8.  Waktu
Waktu yang tepat sangat penting untuk sebuah blog yang sukses! Anda perlu mengirim posting Anda biasanya antara pukul 08.00 sampai jam 12.00 untuk menarik pembaca ke blog Anda. Namun pada website, waktu tidak ada hubungannya dengan itu. Website itu tidak tergantung pada waktu.

9.  Interaksi Pengguna
Keluar dari blog dan website, blog dianggap lebih interaktif. Blog menawarkan pengunjung berupa opsi untuk berkomentar, menyukai, dan membagikan postingan. Sementara website biasanya admin memblok komentar sehingga membuat website kurang interaktif.

10. Search Engine
Setiap kali pengguna mencari menggunakan mesin pencari tertentu, maka blog yang akan dicari lebih banyak dibandingkan dengan website. Karena isi blog terus berubah, itu menyebabkan mesin pencari melakukan pencarian lebih banyak pada blog. Namun isi website ini statis sehingga website memiliki pencarian yang terbatas.

11. Desain template.
Pada umumnya tampilan desain template website lebih bagus daripada desain template blog. Selain itu, suatu desain template blog juga banyak digunakan oleh blogger karena template tersebut merupakan template bawaan dari platform blog atau template blog yang dibagikan secara gratis oleh beberapa situs penyedia template blog. 

Tampilan desain template website lebih bagus dan jarang terdapat kesamaan antara satu website dengan website lain. Hal ini disebabkan desain template website dibuat langsung oleh pemilik website tersebut, sehingga tampilannya akan sesuai dengan selera pemiliknya. Template website juga jarang dibagikan secara gratis karena proses coding script yang sulit.

12. Biaya.

Kita dapat menggunakan blog secara gratis. Hal ini karena subdomain dan webhosting sudah disediakan oleh masing-masing platform blog. Jika menggunakan website maka kita perlu mengeluarkan uang untuk biaya sewa webhosting bulanan dan sewa domain tahunan. 

Meskipun demikian, pengeluaran untuk biaya membuat website dapat kita kurangi dengan menggunakan sewa webhosting gratisan dan sewa domain bukan Top Level Domain secara gratis.



Cara Menghasilkan uang di Blog..?

Nah inilah hal yang paling menarik untuk di pelajari yaitu Bagaimana cara menghasilkan uang di Blog dengan menjadi seorang  blogger.

Untuk bisa menghasilkan uang di blog sangatlah banyak cara yang bisa kita gunakan antara lain sebagai berikut:

Image result for blogger uang

menampilkan iklan di blog kita atau mendadi publizer iklan
pada hal ini kita dapat menghasil kan uang dengan cra menjadi publizer iklan yang artinya kita memasang iklan orang di blog kita dan kita akan di bayar sesuai dengan persetuan olek pihak penyedia iklan seperti contoh penyedia layanan iklan yang sangat populer andara lainGoogle 

  • Adsense merupakan penyedia iklan dari prusahaan Google dengan bayaran tertinggi yang paling banyak di gunakan oleh para blogger di indonesia.
  • media net
  • RevenueHIts
  • PopCash
  • populler Ads
  • Dll


Menjual Barang / produk lewat blog
dalam hal ini kita dapat menjual barang/ prpduk melaui blog kita dengan cara mempromosikan barang yang akan kita jual sehingga orang tertarik dengan produk kita.

Menjual Jasa melaui blog
menjual jasa melalui blog dengan arti kita bisa menjaul jasa pembuatan blog seperti :
  • Pembuatan web
  • Pembuatan blog
  • Desain web
  • Desain templet web,blog dll.


Membukukan blog
seperti contoh Raditya Dika, siapa sih yang gak kenal raditya dika, seorang Comika yang terkenal dengan celotehnya yang membuat para kaum hawa meleleh dengan kata- katanya. Awal karir seorang Raditya dika di mulai dari seorang blogger, sebelum ia terjun di Komika.

Raditya dika menjadikan Blognya sebagi  buku ( kambingjantan.com) menjadi buku kambing jantan bahakan menjadi sebuah filem yang meledak di pasaran.

Mempromosikan produk
Jika blogger anda udah terkenal maka Banyak prusahan – prusahaan besar melirik anda untuk mempromosikan produknya di blog anda seperti Jalantikus.com dan masih banyak blog- blog yang terkenal.

Menjadi seorang blogger juga dapat membuat anda terkenal bahkan bayak cewek- cwek yang tergila gila dengan para blogger.

Masih banyak dan beragam cara menghasilkan uang dengan Blog dengan menjadi seorang  blogger, yang tentu, untuk meraih semua itu tidak semudah membalik telapak tangan dan tentu kita harus memiliki tekat,keinginan yang kuat dan yang terpenting adalah istikomah. selamat berjuang semoga sukses.



" Bagaimana Cara Membuat Blog....??"


Membuat sebuah blog tidak lah sulit, karna pihak penyedia telah membuat bentuk dan tampilan yang mudah bagi para belogger yang ingin berkreasi dengan beog mereka, akan tetapi bayak orang yang tidak tahu menahu tentang apa itu blog...??



Baik untuk membuat Blog mari ikuti langkah - langkah berikut :


 Mendaftar Ke Blogger.com

dalam hal ini kita akan membuat blog melalui blogger.com

Sebelum anda membuat blog di blogger.com anda harus memiliki Email sebagi persyaratan untuk mendaftar ke blogger.com.

Jika anda belum memiliki Email maka buatlah email terlebih dahulu dan harus menggunakan email dari Google bukan dari yahoo karna blogger.com merupakan palatfom dari Google.

Jika anda sudah memiliki Email maka masuklah ke blogger.com untuk membuat blog untuk lebih jelasnya lihat pada gambar di bawah ini.


1. Pada gambar di atasmerupakan halaman bloggeruntuk membuat blog dapat anada lihat gambar yang  kotak warna biru yitu Create Your Blog  maka lansung saja klik 


2. masukkan alamat email yang telah anda buat  dan kata sandi anda untuk mendaftar ke blogger lalu klik perinta h masuk untuk ke menu selanjutya.

 3.  Setelah itu anda akan di sajikan dua pilihan yaitu tentang fropil apa yang akan anda gunakan untuk blog anda yaitu Google+ dan profil Blogger.

jiaka anda memilih Google+ maka anda akan di bawa ke halaman pembuatan akun google+, dan ketika anda memilih profil blogger maka anda kan lansung menju laman dasbor blogger seperti pada gambar berikut :


4. Pada halaman di atas anda akan di sajikan kolom untuk pembuatan nama blogg anda seperti contoh pada blog ini yaitu dengan nama " balog18" setelah itu kelik " lanjutkan ke blogger ".

5. Setelah itu maka akan tampil halan selanjutnya maka klik "buat blog baru" untuk membuat blog baru.

6. Pada halaman di atas anada kan di sajikan Judul yang berisi nama blog anda. Alamat adalah alamat URL yang anda inginkan untuk situs blog anda seperti contoh" balog18.blogspot.com" inilah yang disebut dengan alamat URL yang di gunakan oleh https untuk mengakses blog anda. 

pada menu template anda akan di sajikan menu template apa yang anda inginkan sesuai dengan selera anda template bisa di artikan dengan tema bacgrond dari halaman blog anada. 

template di atas merupakan template bawaan dari blogger yang tanpilannya cukup sederhana, anda juga bila mengganti teplate anda dengan selera yang anada inginkan yang bisa anda download secara gratis di situs- situs penyedia tempalte blogger.

7.  Selanjutnya klik buat blog untuk membuat blog baru, Dan proses pembuatan blog telah selesai  Seanjutnya akan tampil halaman seperti pada gambar di bawah ini. 


8.  Pada gambar di atas merupakan tampilan blog untuk menulis artikel dengan cara mengklik enteri baru. dan proses pembuatan blog talah selesai. gimana cukup mudah bukan..??

Sekian cara membuat blog dengan mudah semoga bermanfaat, jika ada yang kurang jelas silahkan tinggalkan komenanya di kolom komentar, dan jangan lupa ikuti kami atau lile fanspage fasbook kami di baog18.

Kata kunci 
Cara membuat blog
Cara menghasilkan uang di blog
Tujuan utama blogger