Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

2 Cara Mudah Membuat Tabel Database Xampp Dengan CMD,Phpmyadmin

"Dua cara membuat databese dengan xampp,mysql,dan phpmyadmin", Jadi pada postingan kali ini kita akan membahas tentang bagimana cara membuat sebuah database.

Adapun untuk membuat database kita bisa menggunakan dua cara yaitu “membuat DataBase dengan Cmd “ , membuat database dengan ‘’Phpmyadmin” dan membuat database dengan mysql atau membuat database dengan Xampp yang akan kita bahas nantinya.

Untuk pembuatan database ini kita akan membuat database mahasiswa sebagai contoh atau sempel. Sebelum kita membahas cara membuat database kita harus paham dulu apa itu Databese.? Apa itu xampp..? dan apa itu Locallhost..?

2 Cara Mudah Membuat Tabel Database Xampp Dengan CMD,Phpmyadmin


Data base adalah...?

Database atau basis data (bahasa Inggrisdatabase) adalah kumpulan informasi yang disimpan di dalam komputer secara sistematik sehingga dapat diperiksa menggunakan suatu program komputer untuk memperoleh informasi dari basis data tersebut.

Perangkat lunak yang digunakan untuk mengelola dan memanggil kueri (query) basis data disebut sistem manajemen basis data (database management system, DBMS). Sistem basis data dipelajari dalam ilmu informasi.(Wikipedia).

Jadi database adalah : adalah kumpulan data yang disimpan secara sistematis di dalam komputer yang dapat diolah atau dimanipulasi menggunakan perangkat lunak (program aplikasi) untuk menghasilkan informasi atau sebuah data yang tersusun dalam bentuk tabel.

Exampp adalah ...?

perangkat lunak bebas, yang mendukung banyak sistem operasi, merupakan kompilasi dari beberapa program

Fungsinya adalah sebagai server yang berdiri sendiri (localhost), yang terdiri atas program Apache HTTP ServerMySQL database, dan penerjemahbahasa yang ditulis dengan bahasa pemrograman PHP dan Perl. Nama XAMPP merupakan singkatan dari X (empat sistem operasi apapun), ApacheMySQLPHP dan Perl

Program ini tersedia dalam GNU General Public License dan bebas, merupakan web server yang mudah digunakan yang dapat melayani tampilan halaman web yang dinamis. Untuk mendapatkanya dapat mendownload langsung dari web resminya.(wikipedia)

Locallhost adalah..?

Localhost adalah sebutan bagi server lokal yang ada di komputer kita. Pada dasarnya komputer adalah server, dan server adalah komputer. Namun sebutan server lebih sering digunakan bagi komputer yang diakses oleh orang banyak melalui komputer lain. 

Artinya kita bisa mengakses virtual server dari sebuah komputer menggunakan komputer atau media lain sepanjang akses portnya dibuka.

Setelah kita paham dan mengerti apa itu database, examp, dan locallhost. maka selanjutnya kita akan belajar bagaimana cara membuat sebuah database. 

Untuk membuat database sendiri kita bisa menggunkan dua cara yaitu kita bisa mengunakan CMD melalui windows ataupun kita juga bisa menggunakan phpmyadmin. Baik lansung saja kita bahas satu persatu.

Sebelum membuat Database anda harus menginstal Xampp terlebih dahulu agar kita bisa mengakses locallhost  yang bisa kita download di situs resminya Xampp

Lalu insatal xampp di komputer anda, jika anda belum mengetahui cara menginstal xampp maka silahkan baca cara instal xampp di windows.

Cara membuat DataBase dengan Cmd (Command Prompt Admin).

1.Sebelum membuat data base dengan cmd maka terlebih dahulu kita harus mengaktifkan locallhost dengan cara : buka xampp lalu klik Star pada apache dan mysql.
2 Cara Mudah Membuat Tabel Database Xampp Dengan CMD,Phpmyadmin

2. Selanjutnya Untuk membuat DataBase dengan Cmd maka lansung saja buka cmd di windows anda dengan cara klik kananan pada logo windows anda lalu pilih command prompt (admin) pada woindows 8, dan 10. atau dengan cara klik “Windows + R “ lalu ketikkan “CMD”.

3. Setelah cmd terbuka maka kita harus mengakses localhost terlebih dahulu untuk membuat sebuah database , adapun caranya ketikakkan perintah-perintah berikut pada cmd anda.
“” cd\ ‘’’ + enter 
“cd c: \xampp\mysql\bin “ + enter
“ mysql –u root –p “ + enter
Pada pasword silahkan lasung saja klik enter karana pasword nya kosong. seperti pada gambar berikut:
2 Cara Mudah Membuat Tabel Database Xampp Dengan CMD,Phpmyadmin


Setelah anda mengetikan perintah di atas maka kita telah sukses dan berhasil terkoneksi ke locallhost. jika anda belum bisa  terkoneksi maka periksa kembali scrip yang nada tulis karna cmd cukup sensitif terhapap salah hurup pengetikan dan jika terjadi  kesalahan maka anda harus mengulang ke perintah awal.

4. Membuat database dengan perintah atau dengan menulis koding, sebaiknya pelajari dulu apa saja perintah-perintah yang terdapat dalam bahasa Sql. Baik lansung saja tulis kode berikut di cmd :
“ create tble mahasiswa (nim int(10) primary key, nama tinytext not null, alamat vharcahr(35) not null );+ enter “”
Ingat tanpa tanda kutip terlihat pada gambar :

2 Cara Mudah Membuat Tabel Database Xampp Dengan CMD,Phpmyadmin

Maka data base mahasiswa telah selesai kita buat, untuk melihatnya silahkan ketikkan perintah berikut : “ desc mahasiswa: “ maka akan tampil data base yang telah kita buat sebelumnya.



Untuk pembuatan database melalui Cmd telah selesai adapun untuk memasukkan data dan menghapus data akan kita bahas di artikel selanjutnya.

Membuat Database Dengan PHPmyadmin
Untuk membuat database dengan menggunakan phpmyadmin sangatlah mudah kita tidak perlu menggunkan perintah-perintash sintaks SQL namun cukup dengan menklik-klik selesai. 

Namun sebaiknya teman-teman belajar membuat database dengan menggunkan cmd kenapa..?? karna jika kita sudah bisa membuat databese dengan menggunkan sintaks SQL maka untuk menggunkan phpmyadmin sangat terbilang mudah. jadi bisa dibilang kurang gerget..

baik lansung saja kita mulai  Membuat Database Dengan PHPmyadmin, Untuk langakah awal sama seperti yang di atas nomer 1 mengaktifkan Xampp.

1. Jika xampp sudah aktif maka lansung saja buka browser anda lalu tuliskan alamat berikut “http://localhost/phpmyadmin/” . Atau dengan mebuaka app xampp lalu klik tombol Admin maka secara otomatis browser akan terbuka adan menuju lamta link di atas. maka tampilannya akan seperti gambar di bawah ini.

2 Cara Mudah Membuat Tabel Database Xampp Dengan CMD,Phpmyadmin

2. Untuk membuat database maka pilih Basisdata yang terletak di bagian kiri atas maka akantampil kolom nama database. Kali ini kita akan membuat databse balog sebagai contoh dari nama database yang akan anda buat. masukkan nama database lalu pilih buat

2 Cara Mudah Membuat Tabel Database Xampp Dengan CMD,Phpmyadmin

3. Maka akan tampil kolom pembuatan tabel pada halaman ini merupakan halaman untuk pembuatan tabel, maka lansung saja buat nama tabel lalu isiakn jumlah kolom sesuai kolom yang anada inginkan.lalu buat


2 Cara Mudah Membuat Tabel Database Xampp Dengan CMD,Phpmyadmin

4. Pada halam ini anda bisa mengisi kolom apa saja yang akan anda buat dan jumlah nilai tampungan dari setipa kolom dan menambahkan primery key sebagai kata kunci. lalu pilih buat atau simpan atau enter.


2 Cara Mudah Membuat Tabel Database Xampp Dengan CMD,Phpmyadmin

Tampak database yang telah kita buat:


2 Cara Mudah Membuat Tabel Database Xampp Dengan CMD,Phpmyadmin

maka proses pembuatan database dengan menggunakan phpmyadmin telah selesai. cukup mudah bukan..?

Sekian tutorial dari kami “ cara membuat databese “ Semoga bermanfaat jika ada yang kurang jelas tinggalkn komentar anda di kolom komentar atau dengan mengakses fanspage kami balog18. jangan lupa jempolnya.