Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

5 Cara Memperbaiki Flashdisk Rusak, Tidak Terbaca


cara memperbaiki flasdisk yang rusak,tidak terbaca

“5 Cara memperbaiki flashdisk yang tidak terbaca” dan yang lebih tepatnya memperbaiki flashdisk yang terdeteksi tapi tidak terbaca. cukup banyak artikel yang membahas tentang bagaimana cara memperbaiki flasdisk yang rusak tidak terbaca sama sekali, akan tetapi disini kami akan memberikan lima cara memperbaiki flashdisk yang rusak, terkena virus dan lain sebagainya.

Kerusakan pada flashdisk sering sekali kita jumpai yang cukup banyak kasusnya seperti, flashdisk yang minta format teru menerus, flashdisk yang tidak ada kapasitasnya, flashdisk yang tidak bisa menyimpan file, flashdisk yang tid sak bisa diformat, flashdisk kapasitas 0 byte, flashdisk terkena virus dan masih banyak kasus yang sering kita jumpai.

Flashdisk yang tidak bisa menyimpan file di bebakan oleh hilangnya partisi pada flashdisk tersebut dikarankan salah dalam melakukan formating data dan lain sebginya untuk mengatasinya anda bisa melakun cara yang ke 4 di bawah ini. Cara Membuat Blog di blogger dengan mudah

Dalam artikel ini kami akan memberikan Tips atau cara memperbaiki Falshdisk yang rusak, sebelum kita membahasa cara memperbaikinya sebaiknya kita mengetahui apa sih fungsi dan kegunaan dari flshdisk itu sendiri..? kenpa kita harus menetahui fungsinya terlebih dahulu, ya tentu ibarat sebuah Penyakit, untuk menyembuhkan sebuah penyakit tentu kita harus tau apa penyakit tersebut.

Apa itu Flashdisk..?

Flashdisk adalah sebuah alat penyimpanan informasi,data eksternal yang dihubungkan port USB yang mampu menyimpan berbagai macam jenis informasi,format file yang entah tu file ber format doc, pdf,iso,apk,rar,jar,exe  dan falshdisk memiliki kapasitas penyimpanan yang cukup besar.

Flashdisk dapat menyimpan informasi secara permanen walaupun aliran listrik pada rangkaian flashdisk diputuskan. Hal Ini terjadi karena didalam flashdisk terdapat sebuah controller dan memori yang mampu menyimpan informasi secara permanen walaupun aliran listrik yang ada pada flashdisktelah diputuskan. Cara Melihat Trending Topik di Google

Baca juga : 
Dengan deikian flshdisk sangat rentang terkena virus, mengalami kerusakan, file corup bahkan rusak total dan jka hal ini terjadi maka jalan keluar satu- satunya yaitu dengan menggantinya dengan yang baru. dan jika falsdisk anda mengalami kerusakan ringan maka anda bisa mengikuti cara- cara untuk memperbaikinya sebagai berikut.

“ Cara memperbaiki flashdisk ”
Disini kaita akan melakukan beberapa cara yang bisa anda lakukan untuk memperbaiki flsdisk anda. dan semoga masalah anda teratasi.

1. Cara Memperbaiki Flashdisk Yang Tidak Bisa Diformat dengan CMD

Dalam kasus ini maka cara yang akan kita lakukan yaitu :
  1. Colokkan falshdisk anda ke komputer atau laptop anda
  2. buka CMD “ command Promt “ dengan cara klik kanan pada gambar windows yang ada di bagian bawah kiri maka akn tampil beberapa pilihan lalu pilih RUN atau dengan menekan tombol WIN + R untuk masuk ke menu cmd. Pada RUN ketikkan perintah CMD maka kan tampil layar hitam.
  3. ketikkan pada CMD “ FORMAT H:/FAT “ lalu enter ingat tanoa tanda kutip.
2. Cara Memperbaiki Flashdisk dengan Computer Management

jika cara pertama tidak bisa menyelaesaikan permasalahan anda maka anda bisa mencoba cara ke dua ini yaitu dengan memanfaatkan Computer Management.
  1. Colokkan Flashdisk pada komputer anda
  2. Tekan tombol “ WIN + R ” pada windows 7 jika anda menggunakan windows 8 dan windows 10 maka nada tinggal kelik kanan pada logo windows yang terdapat dibagian bawah kiri. klik kanan lalu pilih Computer Management lalu pilih Disk management.
  3. Maka akan tampil beberapa menu partisi lalu anda cari Falashdisk anda lalu kelik kanan pilih format.
  4. Jika nda tidak ingin memformatnya maka anda bisa memilih sharing volume, untuk mengembalikan fungsi partisi flashdisk anda.
3. Memperbaiki flashdisk yang terdeteksi tapi tidak terbaca

Maksud dari flashdisk yang terdeteksi tapi tidak terbaca di my komputer yaitu falshdisk anda terdeteksi oleh komputer anda yang sering di tandai dengan bunyi ketika nada baru saja mencolokkanya dan anda juga bisa mengeceknya melalui diks mangement. naum tidk terbaca di my komputer. jika masah ini menimpa anda maka anda bisa mlelakukan tutorial berikut.
  1. Download aplikasi Hard Disk Drive low Level Format Tol disini. atau anda bisa juga mencarinya di google dengan kata kunci “Hard Disk Drive low Level Format Tol
  2. Setelah anda mendownloadanya maka colokkan flashdisk anda ke komputer
  3. Lalu jalankan aplikasi “Hard Disk Drive low Level Format Tol” maka akan tampak seperi pada gambar di bawah ini.

  1. ikuti petunjuk seperti pada gambar berikut, jika falsdisk anda cukup parah maka hilangkan tanta centangg pada no 2.
  2. Lalu tekan atau pilih “Format This Devis” untuk meakukan perbaikan pada flashdisk.
  1. Tunggu hingga peroses selesai, lalu cabut flashdisk anda tanpa melakukan fasilias ejeck.
  2. Hubungkan kembali flashdisk lalu kan muncul permintaan untuk melakukan format maka lansung saja format flashdisk anda.
  3. Maka flasdisk akan kembali normal seperti semula.
4. Langkah ke empat
Jika cara- cara yang di atas tidak juga bisa mengatasi masalah anda,  maka anda bisa menggunakan cara yang terakhir ini.
  1. Sambungkan flashdisk ke port USB di komputer atau laptop anda
  2. Klik menu Start, kemudian Run, lalu tekan Enter
  3. telah itu ketik “compmgmt.msc” ingat tanpa tanda kutip
  4. angkah atau cara memperbaiki flashdisk yang rusak berikutnya adalah, setelah itu pasti akan muncul jendela program “compmgmt” lalu klik program tersebut
  5. Selanjutnya, kamu pilih menu Storage yang berada di tengah, setelahnya pilih menu Disk Management
  6. Apabila langkah-langkah atau cara memperbaiki flashdisk yang rusak yang dilakukan sudah benar, biasanya flashdisk kamu akan kembali terdeteksi
  7. Lalu klik kanan dan pilih menu Create Partition
  8. Setelah itu format flashdisk, dengan cara klik kanan, lalu pilih menu Format
5. Tips agar Flasdisk tetap awet dan tahan lama tidak mudah rusak

Seperti yang kita ketahui bahwa flashdisk seringkali berpindah pindah tempat dari komputer satu ke komputer yang lain, yang tentunya tidak menutup kemungkinan bahwa dari beberapa komputer yang yang pernah di singgahi oleh flashdisk tersebut mengandung virus, yang akan merusak partisi pada flasdisk.Cara mengembalikan pesan inbox yang terhapus di Facebook
Adapun cara menghindari hal tersebut antara lain sebagai berikut
  1. Selalu lakukan pembersihan flasdisk dengan anti virus setelah ataupun sebelum anda menggunakannya.
  2. Lakukan menu "ejeck" ketika anda ingin mengeluarkan flashdisk dari komputer atau laptop anda.
  3. jangan sekali-kali anda mencabut flasdisk ketika sedang mengirim file atau sedang dalam proses pengiriman data.
Mungkin hanya ini yang bisa kami sampaikan semoga bermanfaat, jika ada suatu hal yang kurang jelas atau tidak di mengerti anda bisa bertanya atau berkomentar pada kolom kementar di bawah ini ataupun anda juga bisa mengunjungi Fanspage halaman Facebook kami "Balog18" dan jangan lupa di like yaa..??